Senin, 05 September 2011

Pengantar Teknologi Informasi

Untuk postingan pertama saya kali ini berkaitan dengan Teknologi Informasi..
Di dalam Teknologi Informasi erat kaitannya dengan istilah data dan informasi. Tapi, apa sih sebenarnya data itu??
Data adalah kumpulan fakta di dunia nyata yang digunakan sebagai material. Lalu apa pengertian informasi yang sebenarnya?? Baik,karena saya murah hati dan cantik saya akan jelaskan juga apa pengertian dari informasi.
Informasi adalah data yang sudah diolah yang memiliki makna di dalam konteksnya.
Teknologi Informasi juga tak lepas dari pengetahuan.  Pengetahuan(knowledge) didefinisikan sebagai informasi yang diputuskan untuk aksi-aksi tertentu. Dari ketiga pengertian penting yang saya jabarkan, ketiganya memiliki kaitan erat yang dapat kita lihat dalam skema berikut,..
Terjadi tahap pemrosesan agar suatu data dapat menjadi suatu informasi.
Dimana sifat-sifat dari informasi:
·         Perfect (sempurna,pasti),
·         Imperfect(tidak sempurna,mengandung unsur ketidakpastian)


Sumber-sumber informasi dapat kita peroleh dari:pengamatan(observasi), kuisioner, kejadian/event(pencatatan/perekaman), pemodelan(simulasi,forecasting), media massa, alat komunikasi, alat elektronis, dll.
Selanjutnya saya akan menjelaskan karakteristik informasi yang baik,..karakteristik informasi yang baik antara lain: tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan berdasarkan fakta.
Pada dunia informasi juga mengalami Evolusi yang disebut dengan Abad Informasi. Mari kita bahas Evolusi Abad Informasi.
1.      Abad Pertanian(Tahun < 1800)
·         Bertani menggunakan tenaga manusia dan tangan
2.      Abad Industri(1800-1957)
·         Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin
3.      Abad Informasi(1957-sekarang)
·         Pekerja terdidik,menggunakan tenaga dan teknologi informasi

Pada Abad Informasi inilah muncul Masyarakat Informasi. Masyarakat Informasi adalah suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.
Dari semua uraian di atas sebenernya apa pengertian dari Teknologi itu sendiri??? Dari ini kita mulai masuk ke pokok dari postingan saya ini. TEKNOLOGI. Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Lebih mendalam lagi,,apa itu Teknologi Informasi?? Teknologi Informasi menurut Kamus Oxford(1995) adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer, untuk menyimpan,menganalisis,dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,bilangan dan gambar.
Tujuan Teknologi Informasi memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
Fungsi Teknologi Informasi :Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
Perlunya Teknologi Informasi karena: kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, perlunya response time cepat, tekanan persaingan bisnis, dan peningkatan layanan.
Lanjut, kita bahas lebih mendalam lagi about komponen-komponen dari TI.
Komponen utama dari TI ada 3, antara lain: Hardware,Software,Brainware..
Hardware: istilah umum yang merujuk pada bagian fisik dari sebuah teknologi.

Software: sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi dimana di dalamnya termasuk:1. Program 2. Dokumen 3. Data 

Brainware: manusia yang berhubungan dengan system computer.

Tapi ada beberapa istilah lagi yang penting tapi jarang didengar sebagai komponen computer, yaitu:
Firmware: perangkat lunak yang ditanamkan ke perangkat keras secara semi permanen
Infoware: sebagai contoh: user manual, SOP, Cyber law

Bahasan Terakhir adalah Penerapan TI , penerapan TI saat ini dapat kita lihat di berbgai bidang, antara lain: industry, perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, dll..
Yupzz…cukup sekian tambahan ilmu yang dapat saya berikan.. semoga segala rincian dan penjelasan yang postingkan ini dapat berguna bagi kehidupan bangsa dan Negara, baik dunia maupun akherat.. amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar